4 Manfaat Kesehatan Meletakkan Tanaman di Dalam Rumah

 

Meletakkan tanaman ke dalam rumah memang sedang menjadi tren akhir-akhir ini, terutama bagi pecinta bunga dan tanaman hias. Memang tujuan dari peletakan tanaman hias ke dalam rumah adalah sebagai dekorasi, namun juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi anda.

Dari beberapa jenis tanaman hias, memang ada yang lebih baik diletakkan di dalam ruangan karena manfaatnya yang banyak bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang baru ingin memulai tren ini, dapat anda konultasikan dengan jasa desain rumah anda atau dengan petani bunga tempat anda membeli.

Lalu apa saja manfaat tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan? Berikut akan kita bahas di bawah ini.

1. Mengurangi Stres

Dari beberapa studi atau penelitian menemukan bahwa tanaman yang diletakkan di dalam ruangan dapat mengurasi stres karena rasa nyaman dan tenang yang diberikan oleh tanaman tersebut.

Hal ini dapat anda terapkan di ruang kerja anda, terutama bagi pekerja kantoran yang harus fokus dalam bekerja. Ketika sudah mulai lelah, anda dapat melihat tanaman tersebut dan rasakan kesegaran dan rasa rileks yang diberikan.

2. Lebih lega dalam bernafas

Dengan meletakkan tanaman di dalam rumah, maka asupan oksigen yang ada dalam ruangan akan lebih banyak jika dibandingan dengan ruangan yang tanpa tumbuhan. Hal ini dikarenakan tumbuhan yang menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen, maka, udara dalam ruangan akan lebih segar.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pastikan tanaman yang anda letakkan di dalam ruangan mendapatkan cukup asupan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Selain itu, anda juga dapat memilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari dalam proses fotosintesisnya. Tanaman tersebut seperti bunga anggrek, kaktus, succulen dan sejenisnya.

Untuk mengetahui jenis tanaman apa saja yang dapat diletakkan di dalam ruangan, anda dapat mengetahuinya lewat sosial media, browser ataupun petani tanaman yang sudah berpengalaman.

3. Tanaman akan membersihkan udara dalam ruangan

Kebanyakan, polusi udara banyak terjadi di luar ruangan. Namun tidak menuntut kemungkinan jika hal tersebut juga terjadi di dalam ruangan kita. Polusi udara dalam ruangan dapat disebabkan oleh zat-zat kimia atau peralatan rumah tangga lainnya. maka dari itu, ruangan akan terasa pengap dan udara tidak segar ketika kita hirup.

Dengan adanya tanaman di dalam ruangan, maka tanaman tersebut akan menyerap polusi-polusi udara yang ada didalam ruangan tersebut, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara dan udara terassa lebih segar.

Dalam hal ini, tanaman yang dapat anda pilih adalah jenis tanaman lidah mertua, spider plant, sirih gading dan lain sebagainya. Selain tanaman yang dapat menyerap polusi udara, tenaman tersebut juga lebih praktis dan gampang dalam perawatannya sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan.

4. Memperbaiki kondisi psikolog

Berada dalam ruangan yang terdapat banya tanaman akan lebih menenangkan pikiran dan memperbaiki mood yang sedang tidak baik. Hal ini tentu tidak semata-mata karangan, namun sudah menjadi penelitian dan terbukti adanya jika meletakkan tanaman di dalam ruangan akan menjadikan pikiran lebih rileks dan mood lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa mafaat di atas, tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para pecinta bunga. Namun jangan sampai salah untuk meletakkan bunga yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan ya. Karena hal tersebut akan menimbulkan kefatalan bahkan hingga kematian pada tanaman kesayangan kita dikarenakan kurangnya asupan nutrisi dan sinar matahari.